Beranda » Desain Logo » Pentingnya Hak Cipta untuk Logo Perusahaan!

hak cipta logo

Ada berbagai macam logo yang telah didesain oleh desainer-desainer dunia. Tidak heran jika ada yang hampir sama dari segi bentuk, warna, atau icon yang digunakan. Banyak yang seringkali dipertanyakan tentang keabsahan logo perusahaan satu dengan yang lain. Mengapa tidak ada yang menuntut atas kemiripan logo perusahaannya? Jawabannya adalah karena hak cipta logo perusahaan tersebut tidak ada. Hal ini sering diabaikan oleh beberapa perusahaan, sehingga wajar jika ada beberapa perusahaan yang tidak peduli jika terdapat kemiripan dengan logo bisnis mereka.

Namun hal ini sama sekali menjadi rahasia umum untuk perusahaan-perusahaan yang memiliki potensi menjadi perusahaan yang lebih besar. Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan dalam membuat logo sebuah perusahaan untuk menghindari plagiat logo yang dilakukan perusahaan lain.

Desain Logo yang unik

Untuk bisnis, desain logo yang menonjol adalah hal yang sangat penting. Logo ini tidak hanya sebuah simbol yang mewakili bisnis. Logo yang muncul dalam semua materi pemasaran perusahaan sebagai brand yang dikenal. Logo yang terdapat pada perusahaan produk atau layanan, dilihat pelanggan sebagai bukti pertama bahwa produk tersebut milik perusahaan itu. Oleh karena itu sebuah logo harus mencerminkan bisnis pemiliknya. Hal yang paling menarik adalah performa dari sebuah logo, semakin unik logo perusahaan anda, maka akan semakin mudah diingat oleh pelanggan. Hindari membuat logo yang hampir sama atau terlihat familiar dimata masyarakat. Karena itu akan terlihat biasa dan sama sekali tidak menarik perhatian pelanggan.

Masalah hak cipta

Hak cipta menyiratkan bahwa pemilik desain memiliki hak eksklusif untuk penggunaan komersial dan reproduksi. Penting bahwa desain tersebut harus milik Anda secara hukum. Untuk desainer yang bercita-cita untuk membuatnya besar secara profesional, sangat penting bahwa Anda membuat sebuah logo atau desain lainnya harus secara hukum. Jadi, Anda harus menghindari setiap grafis menyimpang pada desain logo Anda.

Menghindari stok gambar logo perusahaan lain

Pastikan bahwa Anda tidak memasukkan gambar yang familiar dalam desain logo. Sebuah logo yang unik memiliki unsur-unsur tidak klise termasuk stok gambar. Sebuah logo akan kehilangan kredibilitas dan kepercayaan dari pelanggan. Pelanggan dengan mudah akan mengetahui bahwa desain logo memiliki beberapa elemen yang dipinjam dari brand logo lain.

Menggunakan konsep Logo sendiri

Untuk menciptakan sebuah logo yang unik, sebaiknya anda memiliki konsep Anda sendiri untuk logo perusahaan. Anda bisa mendapatkan satu konsep tersebut dengan cepat seperti menggambar banyak konsep-konsep pada selembar kertas. Anda akan memiliki 5-6 sketsa dari pemikiran dan brainstorming Anda sendiri. Konsep tersebut akan gambar asli Anda. Kemudian, pilih salah satu dari mereka dan mengembangkan lebih lanjut ke logo profesional.

Ayo sebar manfaat artikel ini dengan SHARE:

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.