Beranda » Desain Advertising » 5 Tips Untuk Ide Desain Cover yang Kreatif!

ide desain cover

Tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang sampul buku menjadi penilaian tersendiri oleh pembaca sebelum mereka mengetahui isinya. Desainer memiliki peran penting dalam hal ini, namun konten dari buku yang Anda buat sebaiknya juga sesuai dengan penilaian pembaca ketika melihat sampul luarnya. Tentu akan sangat menjual, jika desain sampul Anda semenarik konten yang ada dalam buku Anda, atau sebaliknya.

Berikut beberapa tips yang harus Anda perhatikan dalam mendesain sampul buku agar terlihat menarik.

Berpikir seperti seorang pembaca, bukan penulis

Gambar dan teks yang ada pada sebuah sampul buku harus mudah dipahami sebagai icon dari konten isi buku secara keseluruhan. Pahamilah posisi pembaca dan rasakan apa yang diinginkan pembaca mulai dari melihat sampul buku yang anda buat. Posisikan diri anda sebagai orang yang ingin menikmati konten bukan ingin memberitahukan konten dari sampul buku tersebut.

Sampul Anda sebagai bagian kunci dari teka-teki konten

Menjelaskan konten atau isi sebuah buku dari sampul buku tidaklah mudah. Anda tidak harus menjelaskan terlalu detail pada sampul buku anda. Anda juga harus menggunakan rasa penasaran pembaca atau penikmat buku anda. Dengan begitu pembaca akan merasa penting untuk membaca dan mengetahui lebih detail tentang isi dibalik sampul buku Anda.

Ketahui target pembaca anda!

Ketahuilah target anda, pembaca seperti apa yang sesuai dengan kontent yang anda bawakan. Jika konten buku anda berisi tentang politik atau isu publik, maka kemungkinan target anda adalah pejabat-pejabat atau aktivis-aktivis . Maka sampul buku anda sebaiknya tegas agar pembaca mengetahui konten tegas dari buku yang anda buat.

Kata Kunci

Tentukanlah satu judul yang merupakan kata kunci utama pada konten buku yang anda buat. Ada banyak desain sampul buku yang menarik, namun sebagian besar judulnya tidak menyampaikan pesan yang tepat. Terkadang kata kunci pada sampul buku jauh berbeda pada konten buku yang ada didalamnya. Jadi seimbangkanlah antara desain sampul Anda dan kata kunci dari konten buku anda.

Menggunakan media sosial

Sosial media adalah salah satu alat untuk mendapatkan masukan dari penggemar- dan mendengarkan apa yang ingin mereka sampaikan tentang sampulmu. Ketika benar-benar tidak bias memutuskan, anda dapat bertanya pada para pembaca, atau penikmat buku anda. Berikan kolom komentar kepada mereka untuk memberikan saran. Selain karena mereka akan merasa didengarkan, simpatik dari pembaca akan membuat mereka merasa menjadi bagian dari buku yang akan kamu terbitkan.

Ayo sebar manfaat artikel ini dengan SHARE:

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.