Beranda » Desain Advertising » 5 Inspirasi Kemasan Oleh-Oleh yang Menarik dan “Menjual”

 

Kemasan makanan memiliki peran terpenting dalam mendukung produk yang Anda produksi dan ingin dipasarkan. Nah, packaging ini juga mendukung nilai jual ke konsumen, pasalnya para konsumen biasanya melihat dan memilih suatu prosuk dari pembungkusnya. Walau memiliki rasa yang lebih unggul namun, dari packaging dinilai kurang oleh konsumen maka image rasa menjadi berpengaruh. Berikut ini inspirasi packaging yang harus Anda ketahui dan kiat-kiat sebelum membuatnya.

 

Melakukan Riset Packaging

Tidak hanya pangsa pasar saja yang perlu diriset, melainkan kemasan juga harus melalui tahap meriset. Hal ini untuk menghindari adanya kesalahan yang mengarah ke plagiat dalam hal packaging. Apalagi itu merupakan kemasan dari kompetitor yang sudah lama berada di dunia kuliner

 

Buatlah Kemasan yang Nyaman bagi Konsumen

Nilai nyaman pada kemasan ini adalah, mengacu pada bentuk dari pembungkus tersebut. Seperti kebanyakan orang saat ini, yang lebih mementingkan kenyamanan seperti ukuran kemasan makanan yang tidak terlalu besar sehingga mudah dibawa-bawa. Selain itu kepraktisan dari pembungkus juga dapat menjadi pilihan bagi konsumen.

 

Lakukan Pemilihan Warna yang Tepat

Untuk membuat kemasan makanan, sangat disarankan memilih warna yang tepat. Kebanyakan konsumen selain melihat bentuk mereka selalu melihat warna. Nah, untuk itu gunakanlah warna yang bagus seperti hijau yang menggambarkan kesegaran dan kesehatan. Anda dapat menambahkan warna lain agar dipadukan menjadi warna kemasan makanan yang eye cathcing.

 

Menetapkan Fungsi Kemasan Terhadap Produk

Jangan hanya terpaku dengan ketertarikan konsumen, Anda harus menetapkan fungsi packaging terhadap produk. Hal ini dapat Anda lakukan dengan pemilihan bahan pembuatan kemasan makanan. Misalnya, produk Anda memerlukan perlindungan dari matahari, maka packaging yang dipilih harus dilapisi dengan aluminium foil agar lebih terjaga kualitas dari produk tersebut.

 

Melakukan Promosi Melalui Desain Kemasan

Dalam hal ini, Anda harus mampu menciptakan desain yang dapat mengkomunikasikan produk tersebut kepada konsumen. Seperti meletakan informasi dasar dari mulai komposisi, tanggal pembuatan dan kadaluarsa, berat produk, hingga label dan nama untuk produk Anda. Semua harus diletakan menyesuaikan tata letak pada packaging dan dibuat agar lebih menarik konsumen.

Itulah beberapa kiat yang harus Anda lakukan sebelum membuat packaging untuk produk Anda, dan pastikan juga pilihlah nama yang tepat namun unik sehingga dapat menjadi ciri khas produksi Anda.

Ayo sebar manfaat artikel ini dengan SHARE:

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.